Friday, February 22, 2013

Rectoverso (2013): Antologi tentang Cinta tak Terucap

Rectoverso adalah bentuk atau gambar yang saling terpisah namun sebenarnya saling melengkapi menjadi kesatuan utuh. Nampaknya cukup menggambarkan bentuk film yang diadaptasi dari novel karya Dewi 'Dee' Lestari (2008) ini. Film yang mengambil judul yang sama dengan novelnya ini merupakan film omnibus yang didalamnya berisi lima cerita tentang cinta yang tak terucap.

Cerita yang ada didalam film ini diadaptasi dari beberapa cerita yang ada pada novelnya, diantaranya Malaikat juga Tahu, Firasat, Cicak di Dinding, Curhat buat Sahabat, dan Hanya Isyarat. Kelima film pendek ini di sutradarai oleh lima sutradara wanita.


Sedikit ringkasan cerita dari kelima film pendek tersebut:

Malaikat juga Tahu
Abang (Lukman Sardi), putra tertua Bunda (Dewi Irawan), yang mengalami autism jatuh cinta pada seorang gadis yang tinggal di kost-kostan milik Bunda, Leia (Prisia Nasution). Bunda merasa khawatir dengan keadaan ini mengingat kondisi Abang apalagi kemudian Leia justru memilih adik Abang, Hans (Marcell Domits) sebagai kekasihnya.











Firasat
Senja (Asmirandah) sudah mengikuti Klub Firasat yang didirikan oleh Panca (Dwi Sasono) selama satu tahun. Namun dalam satu tahun itupula Senja tidak pernah berbagi tentang perasaan dan firasat-firasat nya kepada forum klub. Senja takut sesuatu terjadi pada Panca, seperti yang terjadi pada keluarganya dulu.












Cicak di Dinding
Suatu ketika di Bar, Taja (Yama Carlos) duduk sendiri sampai tiba-tiba seorang wanita cantik menghampirinya dan merasa tertarik padanya. Awalnya berjalan manis sampai suatu ketika wanita itu, Laras (Sophia Latjuba), menghilang dari kehidupannya.












Curhat buat Sahabat
Di sebuah kafe dua orang sahabat duduk mengikmati obrolan mereka. Amanda (Acha Septriasa) yang ceria dan bersemangat ini bercerita banyak kepada sahabatnya, Reggie (Indra Birowo) yang dengan senang hati mendengarkan curhat Amanda. Tak pernah ada yang tahu bahwa ada perasaan yang mengalir dari pertemuan dua sahabat tersebut.







  


Hanya Isyarat
Al (Amanda Soekasah) jatuh cinta pada teman milisnya, Raga (Hamish Daud). Namun begitu, Al hanya bisa mengagumi Raga diam-diam. Mengaguminya dari balik punggungnya...













Keunikan film omnibus sendiri adalah plot cerita yang berisi potongan-potongan adegan dari beberapa film pendek yang digabung menjadi satu. Perlu kreatifitas tersendiri dalam menyusun potongan adegan tersebut agar alur cerita dapat berjalan apik dan sampai pada twist dengan tepat. Dan menurut saya perlu kepiawaian penulis skrip dan editor dalam mengolah hal ini.

Rectoverso sendiri, bagi saya, merupakan film yang 'halus' dan ketika saya liat jajaran sutradaranya, saya makin mengamini mengapa film ini menjadi begitu 'halus'.
Diluar perbincangan teknis film, isi dari film ini begitu filosofis saya rasa. Tentang semesta, tentang teori chaos, tentang manusia dan alam...
Kejadian-kejadian pada hidup manusia yang nampaknya tidak saling berkaitan justru sebenarnya saling melengkapi.
Dan kau tahu, tiba-tiba saya berpikir bahwa jangan-jangan kita semua sedang ada pada sebuah plot dalam rectoverso...

***
Detail Film

Gendre: Drama
Durasi: 110 menit
Rate (Ind): Dewasa
Bahasa: Indonesia
Produksi: Keana Production & Communication
Produser: Marcella Zalianty, Eko Kristianto

Malaikat juga Tahu
Sutradara: Marcella Zalianty
Skenario: Ve Handojo
Pemeran: Lukman Sardi, Pricia Nasution, Dewi Irawan, Marcell Domits

Firasat
Sutradara: Rachel Maryam
Skenario: Indra Herlambang
Pemeran: Asmirandah, Dwi Sasono, Widyawati

Cicak di Dinding
Sutradara: Cathy Sharon
Skenario: Ve Handojo
Pemeran: Yama Carlos, Sophia Latjuba, Tio Pakusadewo

Surat buat Sahabat
Sutradara: Olga Lidya
Skenario: Ilya Sigma, Priesnanda Dwi Satria
Pemeran: Acha Septriasa, Indra Birowo, Tetty Liz Indriati

Hanya Isyarat
Sutradara: Happy Salma
Skenario: Key Simangunsong
Pemeran: Amanda Soekasah, Hamish Daud, Fauzi Baadilah, Rangga Djoned, Prianggadi Adiyatama

Screenplay: Yosof Munthaha
Editor: Cesa David Lukmansyah
Original Motion Picture Soundtrack: "Malaikat juga Tahu" by Glenn Fredly, "Firasat" by Raisa, "Cicak di Dinding" by Dira Sugandi, "Curhat buat Sahabat" by Acha & Tohpati, "Hanya Isyarat" by Drew


No comments:

Post a Comment