Friday, February 8, 2013


Pernahkah kau menatap langit? pasti pernah. Pernah begitu terpana? Aku sering begitu.

Bahkan mungkin langit lebih tua usianya dari Bumi ini. Hahaha... Apalagi negara ini.

Menatap langit malam itu seakan mereka bercerita. Tentang sejarah, tentang masa lalu, tentang masa depan bahkan.

Beribu-ribu tahun yang lalu nenek moyang kita juga menatap langit. Langit yang sama yang kita tatap sekarang, dalam bentuk dan situasi berbeda.

Langit menjadi tumpahan doa dan kebingungan mereka terhadap alam. Berharap disana ada yang melihat mereka di gelap malam.

Ketika langit menjadi tumpuan kehidupan. Luar biasa. Penciptaan yang luar bisa. Perlu berani menatap dan memahami maka nahkoda kapal dapat memegang kendali diatas geladak.

Seperti kakak bagi bumi yang masih muda waktu itu.

Gile... Kalau sudah begini pasti aku lanjut bermimpi tentang peri-peri yang turun dari langit. Hinggap dibumi lalu memberikan warnanya terhadap kehidupan.

Pernah melihat bintang jatuh? aku pernah. Dan ku katakan sekarang, tentang mitos jika ada bintang jatuh maka berharaplah dan harapan mu aka terkabul. Hah... butuh reflek yang cepat untuk itu. Karena ketika kau melihat bintang jatuh, alih-alih berharap, kau akan lupa dengan mitos itu dan cuma pukau yang tersisa. Aku cuma terpukau kala itu, melongo.

Cerita tentang bintang jatuh, kata orang bintang jatuh itu adalah bintang yang sudah mati. Ya, sebuah bintang mati kemudian jatuh. Tapi ada sesuatu yang luar biasa dari bintang yang jatuh dan mati. Ia membentuk nebula, kabut. Kemudian bergumpal-gumpal dan akhirnya mebnjadi sebuah bintang baru yang masih muda. Kelahiran bintang baru itu biasanya terletak ditempat bintang tua itu jatuh. Sungguh menarik ya, kau tau, aku jadi teringat Fawkes, Phonix yang ada di Harry Potter, hehehe.... Lahir dari abunya sendiri...

Uppss... Tapi aku lupa cerita sesuatu. Bintang yang mati punya dua kemugkinan, yang pertama kemungkin dia akan lahir kembali. Kemungkinan kedua adalah ia membentuk lubang hitam (black hole). Yang kedua inilah yang misterius. Black Hole punya kemampuan untuk menyedot benda-benda yang ada di dekatnya. Kata orang jika tersedot kedalamnya, kau akan sampai di semesta yang lain, entah 'benar-benar lain' atau di waktu yang lain.


Dan ngomong-ngomong soal bintang, bintang tertua di jagad raya yang pernah di temukan bernama Antares. Umurnya sudah ratusan tahun. Ia bertahan disana.

ehehehe.... oke deh.. perkenalkan saya Gitta yang sudah 20 tahun. Yang sekarang agak berhati-hati dengan imajinasinya.

No comments:

Post a Comment