Wednesday, May 27, 2009

Curious Case of Benjamin Button

Awalnya mau nonton Slumdog Milionair, tapi berhubung kaset DVDnya rusak beralih nonton film drama--sebenarnya lebih cocok dibilang roman-- arahan sutradara David Fincher ini.

Kisahnya diadaptasi dari sebuah buku karya F. Scott Fitzgerald (1920)--salah satu pengarang legendaris asal Minnesota, Amerika Serikat, yang pernah melahirkan karya-karya masterpiece macam The Great Gatsby (1925) atau The Last Tycoon (dipublikasikan 1941, setahun telah kematiannya)-www.beritabaru.com.

Cerita kisah Si Pembuat Jam buta yang trauma akan kematian anaknya dalam perang. Kemuadian Ia membuat jam dengan panah yang memutar terbalik sebagai bentuk rasa dukanya. Tapi kisah itu hanya sekedar prolog yang akan mengantarkan para penonton tentang maksud 'jam yang memutar ke belakang'.

Benjamin Button lahir tepat pada perayaan kemengan perang Amerika di New Orleans. Kemudian Ia 'dibuang' didepan sebuah panti jompo karena rupanya yang seperti kakek berumur 70 tahun. Queenie (Taraji P Henson), seorang pengasuh panti berkulit hitam menemukannya dan Dia adalah orang pertama yang sayang pada Benjamin, 'Anak ini tetap ciptaan Tuhan'.

Waktu bergulir. Dimulailah kesatiran dari kisah ini. Benjamin hanya bisa maju mundur dengan kursi rodanya sedangkan anak-anak lain seumurnya (umur anak-anak) bisa bermain bebas. Antara lucu tapi kasihan. Kadang Ia bertanya pada Queenie ketika Ia tidak diterima disuatu lingkungan,
'untuk apa aku dilahirkan mama?'
'semua orang punya maksud untuk dilahirkan. Tapi sampai saat ini Aku juga belum tahu maksud dariNya'
Benjamin semakin tumbuh. Tapi semakin umurnya menua makin muda lah rupanya.
Awal cerita memang penuh kisah-kisah satir seorang benjamin kecil. Namun pada tengah cerita film mulai agak terasa monoton--petualangan Benjamin menjelajahi lautan terkesan terlalu monoton karena cerita Ia dan 'para wanita' yang terlalu menonjol, mungkin agak tertolong dengan adanya kapten kapal. Tapi tenang saja. Di akhir cerita dibungkus dengan cukup baik. Benjamin yang semakin mengecil akhirnya di asuh oleh istrinya--atau mantan istrinya--Daisy (Cate Blanchett), akhirnya meninggal dalam bentuk bayi.

Cuma saran. Tapi film yang masuk dalam jejeran nominasi di Golden Globe ini memang bukan film 'iseng'. Jadi jika tak terlalu menyukai roman drama sebaiknya bawalah beberapa cemilan atau sesuatu pelepas bosan.
Genre: Roman Drama
Produksi: Warner Bros. Picture
Sutradara: David Fincher
Penulis: Eric Roth
Adaptasi: 'Curious Case of Benjamin Button'--F Scott Fitzgerald (1920)
Pemain: Brad Pitt, Cate Blanchett, Taraji P. Henson, Jared Harris, Tilda Swinton

No comments:

Post a Comment