Sunday, November 3, 2013

Thor: The Dark World (2013)

Hayoo... ada yang nunggu film ini enggak, hehe.. Well, ini udah masuk musim apa sih? Fall? yah kalau salah mohon maaf ya, maklum amatiran haha.. Fall, autumn, biasanya banyak diisi oleh film-film horror tapi kalau memang benar ini masuk Fall, berarti Thor ini unik ya, semacam menjadi pilihan lain.

Ini sekuel dari film Thor (2011) pertama, emm, yah saya gak nonton jadi gak bisa cerita banyak. Tapi masih diperankan oleh aktor-aktor lamanya. Kali ini Thor (Hemsworth) harus menyelamatkan 9 dunia dari serangan Malekith (Eccleston) yang ingin mengambil cahaya dari dunia dan mengembalikannya pada kegelapan. Well, cerita akan sangat klasik jika tidak diberi bumbu lain. Disisi lain, dalam internal keluarga kerajaan Asgard sedang terjadi pergolakan, yah bisa dibilang gitu deh. Odin (Hopkins), menginginkan Thor menggantika posisinya sebagai raja, namun sebaliknya Thor tidak menginginkannya.

Oke, Hollywood memang tahu celah membangun cerita sehingga dapat diterima di berbagai selera penonton. Dan bagi saya, justru cerita menjadi menarik ketika tokoh Loki (Hiddleston) muncul, ahay!. Loki yang penuh ilusi begitu marah ketika tahu bahwa ibunya tewas. Loki menjadi karakter yang sulit ditebak, sehingga memunculkan twist-twist di beberapa plot. Meski pada akhirnya Loki tetap dibiarkan pada posisinya yang abu-abu (atau antagonis?).

Loki: What makes you think you can trust me?
Thor: I don't

Penggambaran Asgard, yah, bisa diterima dengan segala bentuk bangunan yang semi-futuristic itu, juga kapal-kapal perang Malekith yang justru mengingatkan saya pada Star Trek. Lah, dua-duanya sama-sama di luar angkasa, cuma bedanya Star Trek itu ceritanya di masa depan, dan Thor berasal dari mitologi Nordik.

Ehem, lucunya film ini kedatangan cameo dari salah satu The Avanger (sorry, spoiler). Dan banyak hal-hal jenaka lainnya khas kisah-kisah pahlawan Marvel. Yap, Marvel tetap menjaga tipikal film-film pahlawannya yang 'ceria'.

Overall, lumayan buat tontonan segar diakhir minggu. Dan kalo gak salah ada 3D nya, boleh dicoba. Ngomong-ngomong untuk film superhero macam gini diberi rating 88 % dari Rottentomatoes cukup diluar ekspetasi ya. So, dijamin kan hahaha... Selamat menonton.

Nb. Tunggu sebentar setelah film selesai, ada potongan scene yang bisa diliat ;)

Thor dan Mitologi

Thor merupakan dewa petir dalam mitologi nordik. Mitologi nordik sendiri berkembang di wilayah Eropa Utara. Mitos-mitos ini ditulis dalam Edda berupa prosa dan puisi. Thor merupakan anak Odin dan ibunya adalah raksasa wanita bernama Jord. Senjata andalan dari dewa ini adalah Mjolnir, semacam godam yang dipercaya sebagai lambang perlindungan pada masyarakat Viking.

***
Detail
Running Time: 120 min
Rate (MPAA): PG-13
Language: English
Gendre: Action, Fantasy

Producer: Kevin Feige
Production: Walt Disney Pictures, Marvel Studios
Director: Alan Taylor
Screenplay: Christoper Yost, Christoper Markus, Stephen McFeely
Based on: Thor by Stan Lee, Larry Lieber, Jack Kirby
Music by: Brian Tyler
Editor: Dan Lebental, Wyatt Smith
Cinematography: Kramer Morgenthau
Cast: Chris Hemsworth, Anthony Hopkins, Tom Hiddleston, Natalie Portman, Christoper Eccleston, Idris Elba, Rene Russo.



No comments:

Post a Comment