Sunday, March 21, 2010

My Name is Khan

Nampaknya Asia semakin menguasai Holywood. Setelah Cina dengan berbagai aktornya bisa menembus pasar film dunia, kini India dengan labelingnya yang selalu berjoget-joget itu mulai diririk para pembisnis dunia perfilman itu.

Berhasil dengan Slumdog Milionaire nya yang meraih penghargaan Golden Globe kini Bolywood melempar film terbarunya.

Rizvan Khan (Shahrukh Khan), seorang penderita sindrom Asperger, berjuang untuk kehidupannya di Amerika. Kemudian cerita mengalir, Ia bertemu Mandira (Kajol) dan jatuh cinta, lalu mereka menikah. Kehidupan mereka berjalan normal seperti keluarga lain. Sampai akhirnya semuanya berantakan karena terjadinya tragedi 9/11 yang tidak hanya berdampak pada keadaan masyarakat Amerika tapi juga pada para imigran Muslim yang berjuang hidup disana. Yap, mulai terjadi diskriminasi agama akibat stigma tentang teroris yang menempel di pikiran sebagian besar masyarakat mayoritas di Amerika, setidaknya begitulah yang digambarkan film ini. Namun yang dimengerti Rizvan hanya satu hal, "hanya ada dua manusia di dunia ini, orang baik dan orang jahat, selain itu semuanya sama...", ya, hal sederhana ini yang dimengerti Rizvan.

Bagi saya tema film ini termasuk sensitif untuk ukuran Holywood yang sangat 'american'. Jadi agak kaget juga saat mengetahui produksi film ini bekerja sama dengan 21 Century Fox. Tapi toh ketahuan juga ternyata sebagian besar saham Fox sudah dipegang oleh Jepang jadi semuanya terasa normal karena kalau jika Fox adalah 'tulen amerika' berarti sangat berani sekali untuk membiayai film yang 'peka' ini.

Meskipun tanpa tarian yang heboh film ini tidak membuang kesan Bolywoodnya. Durasi yang tiga jam, cerita yang mengalir, dan pembangunan karakter tokoh utama yang kuat menjadikan esensi khas india tetap ada. Unsur cerita nya tetap, kalau kata mamah, lebay banget siih... tapi toh itu juga salah satu kekhasan film india. Bagaimana tidak lebaay, seorang warga imigran ingin bertemu Presiden Amerika Serikat hanya ingin mengatakan "My name is Khan, and I'm not a terorist," dan semua itu terjadi, tercapai. Juga adegan menolong warga yang terjebak badai di Wilhelmina, Georgia, rasanya terlalu berlebihan. Tapi biarlah, karena hal-hal kecil tadi tertutup oleh keseluruhan cerita yang mengharu biru.

Gendre: Drama
Production: Fox Searchlight Picture, 21 Century Fox
Producer: Hiroo Yash Johar, Gauri Khan
Director: Karan Johar
Writer: Shibani Bathija
Cast: Shahrukh Khan, Kajol, Shabana Azmi, Sonya Jehan, Jimmy Shergill

No comments:

Post a Comment